14 Tanda Kehamilan

Menjadi seorang istri dari seseorang yang kita cintai, mengandung, melahirkan dan membesarkan buah hati adalah suatu kebahagiaan yang pasti setiap wanita dambakan. Ketidaktahuan akan tanda-tanda telah terjadi kehamilan terkadang menyebabkan terjadinya keguguran karena sang ibu beraktifitas terlalu keras atau memakan makanan yang seharusnya dihindari seseorang yang sedang hamil. Mengetahui tanda-tanda kehamilan juga akan membuat persiapan mental dan fisik sang calon ibu lebih matang dalam menyongsong kehadiran sang buah hati.

Berikut tanda-tanda kehamilan yang harus diketahui calon ibu yaitu:

1. Terlambat/tidak mengalami menstruasi
Perempuan pada kondisi umumnya setiap bulan akan mengalami menstruasi, namun bagi wanita yang sedang hamil akan terjadi perubahan pada hormon tubuh sehingga menyebabkan terhentinya siklus menstruasi karena telah terjadinya pembuahan dalam rahim. Meskipun penyebab terlambat/tidak mendapatkan menstruasi bisa juga dari perubahan hormon tubuh lainnya namun hal ini akan menjadi awal dasar bagi sang calon ibu untuk memperediksi sedang terjadinya kehamilan.

2. Payudara menjadi membesar dan terasa nyeri
Jika terjadi kehamilan, maka payudara akan membesar serta terasa nyeri, hal ini disebabkan meningkatnya produksi esterogen dan progesteron. Payudara akan menjadi sensitif dengan aerola semakin gelap. Selain itu payudara juga akan terasa lebih lembut.

3. Keluar flek/bercak darah
Flek/bercak darah ini muncul sebelum menstruasi, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadi ovulasi. Yang terkadang bagi Ibu yang belum pernah mengalami kehamilan akan menganggapnya sebagai tanda akan mengalami menstruasi. Flek/bercak darah ini disebabkan adanya implantasi atau menempelnya embrio pada dingding rahim.

4. Kram perut
Selain terjadi flek/bercak darah maka Ibu juga akan mengalami kram perut. Hal ini akan terjadi secara teratur dan kondisinya akan berlanjut sampai kehamilan trisemester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

5. Sakit Punggung
Sakit punggung yang biasanya tidak dialami, tiba-tiba menghinggap saat mengalami kehamilan. Hal ini terjadi karena beberapa ligamen dipunggung sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berlangsung selama kehamilan.

6. Mual dan muntah
Mual dan muntah atau dikenal dengan morning sickness. Ini adalah tanda yang paling mudah untuk mendeteksi sedang terjadinya kehamilan. Hal ini karena adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) secara tiba-tiba dalam aliran darah. Sekitar 50% perempuan yang sedang hamil akan mengalami rasa mual dan muntah terutama terjadi dipagi hari meskipun kadang terjadi disiang dan malam hari bahkan hanya dengan mencium bau/wangi tertentu.

7. Sering buang air kecil
Bila tiba-tiba sering timbul rasa ingin buang air kecil, maka hal itu bisa jadi salah satu tanda-tanda sedang terjadi kehamilan. Setelah terlambat menstruasi selama satu atau dua minggu, biasanya keinginan untuk buang air kecil akan meningkat dan menjadi sering. Hal ini dialami sang Ibu karena janin yang tumbuh dalam rahim menekan kandung kemih sehingga menyebabkan adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu juga kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi urine.

8. Mengalami sembelit (susah buang air besar)
Sembelit terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron. Hormon ini mengendurkan otot-otot rahim dan juga otot-otot dingding usus sehingga menyebabkan sembelit (susah buang air besar). Untuk mensiasati hal ini, Ibu sebaiknya memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

9. Merasa lelah yang berlebihan
Bila pada konsidi-kondisi biasa, sang ibu dapat beraktifitas penuh seharian namun saat tengah terjadi kehamilan kondisi tubuh akan sering terasa lelah. Rasa lelah yang berlebihan ini akan menimbulkan rasa kantuk yang berat. Hal ini karena tejadinya perubahan hormon dan juga akibat kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Biasanya rasa lelah ini hanya akan dialami pada trisemester kehamilan.

10. Pusing dan sakit kepala
Terkadang ketika kehamilan terjadi, Ibu akan mengalami pusing dan sakit kepala. Hal ini terjadi karena pada saat hamil Ibu mengalami banyak gangguan faktor fisik seperti mual, lelah dan kadar jumlah gula ditubuh yang rendah. Oleh karenanya Ibu harus cukup makan dan minum agar tidak kekurangan cairan tubuh. Hindari mengkonsumsi obat-obatan penghilang sakit kepala yang dijual umum, bila terjadi beberapa tanda-tanda kehamilan sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk segala keluhan.

11. Moody
Perubahan ketika Ibu hamil tidak hanya terjadi secara fisik, namun juga terjadi perubahan secara emosional. Terkadang Ibu hamil menjadi lebih sensitif dari biasanya. Perasaannnya mudah berubah dari mudah senang, mudah sedih, mudah emosi, malas dan lain-lainnya. Ini terjadi karena sedang ada perubahan hormon pada tubuh.

12. Temperatur tubuh meningkat
Temperatur tubuh Ibu akan meningkat dari kondisi normalnya dan tidak akan kembali ke kondisi awal sebelum terjadi kehamilan. Bila Ibu mengalami peningkatan suhu tubuh yang tinggi atau demam biasanya obat yang biasanya disarankan dokter kandungan adalah paracetamol. Tetap hindari mengkonsumsi obat-obat tanpa resep dokter.

13. Ngidam
Bila sebelum terjadi kehamilan Ibu kurang menyukai/sangat menyukai suatu makanan lalu tiba-tiba Ibu menjadi kurang suka/sangat suka bisa jadi itu adalah tanda-tanda telah teradi kehamilan. Bila Ibu adalah penggemar baso sebelum terjadi kehamilan, pada saat kehamilan terjadi terkadang ada Ibu yang tidak tahan dengan baso meski hanya mencium aromanya bahkan hanya sekedar mendengar namanya. Ibu yang kurang suka makanan pedas dan asam terkadang ketika hamil malah menjadi penggemar makanan jenis ini. Bagi Ibu yang pemerhati makanan tentu akan sadar dengan adanya perubahan selera makan ini.

14. Testpack menunjukan hasil positif
Semua tanda-tanda kehamilan diatas dapat dijadikan sebagai prediksi Ibu sedang mengalami kehamilan. Namun pastikan kembali prediksi Ibu dengan testpack (alat tes kehamilan). Bila testpack Ibu menunjukan hasil positif maka Ibu dapat dipastikan sedang hamil. Alat testpack ini banyak dijual di apotek-apotek dan Ibu dapat menggunakannya sesuai petunjuk yang tertera. Terkadang Ibu yang sangat menginginkan terjadinya kehamilan atau bagi perempuan yang baru menikah seringkali memprediksi dirinya sedang hamil dari tanda-tanda kehamilan diatas namun pastikan dengan testpack atau periksakan diri ke dokter kandungan atau bidan terdekat.
Tanda-tanda kehamilan di atas tidak mutlak dialami semua oleh Ibu hamil. Tanda-tanda kehamilan pada setiap Ibu akan berbeda-beda. Selamat menikmati fase-fase kehamilan bagi setiap Ibu yang tengah hamil semoga kehamilannya dilancarkan hingga saat melahirkan tiba. Selamat mempersiapkan bagi setiap calon Ibu, semoga Allah SWT segera menghadirkan sang buah hati. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kita semua. Aamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s